Monday, June 1, 2009

Tentang Tuhan

Kali ini saya cuma mau berbagi tentang Tuhan.

Di tengah-tengah krisis atau problema yang terjadi di sekitar kita, banyak orang seringkali bertanya, "Di mana Tuhan?" Seakan-akan kalau ada sesuatu yang engga beres sama dunia ini, yang bertanggung jawab itu pasti selalu Tuhan. Dan seringkali, sekalipun kita percaya sama keberadaan Tuhan, kita jadi ragu juga. Mengingat betapa rajinnya kita berdoa dan memanggil-manggil Tuhan, dan sepertinya Tuhan engga menjawab-jawab.

Dan kemudian, saya jadi teringat sama permainan populer masa kecil, petak umpet. Kalau kita lihat secara sekilas, permainan petak umpet itu, kan tujuannya supaya yang ngumpet bisa pinter cari tempat ngumpet sampai engga bisa ditemuin sama yang jaga. Tapi, coba pikir-pikir lagi, deh. Apa, sih serunya main petak umpet, kalau yang ngumpet terlalu susah buat ditemuin. Bagian paling seru dari main petak umpet justru adalah waktu yang jaga nemuin yang ngumpet. Dan kalau kita pikir-pikir lagi, bener juga. Temen yang ngumpet pasti menunggu-nunggu dalam hati dengan antusiasnya, supaya ditemuin. You are actually hiding to be found.

Dan, ini juga yang saya pikir tentang Tuhan. Waktu kita nyari dan manggil-manggil dan Tuhan engga jawab-jawab, mungkin Tuhan lagi sembunyi, dan sebenarnya menunggu untuk ditemukan. Jadi, cari terus aja.

No comments:

Post a Comment