Monday, June 29, 2009

Berenang, Sahabat, dan Pelajaran Hidup

Beberapa hari yang lalu, untuk kedua kalinya saya berenang di kolam renang deket rumah, yang panjangnya ampun ampun. Kurang tau juga, sih pastinya. Tapi harusnya itu pasti lebih dari 100 meter. Capek banget buat berenang dari satu ujung ke ujung yang lain, tapi ternyata engga sia-sia juga loh capeknya. Karena selain (katanya) membakar kalori, saya juga jadi belajar beberapa hal tentang kehidupan dari beberapa menit berenang itu.

Sebelumnya, saya mau cerita dulu tentang pengalaman saya berenang di situ untuk pertama kalinya. Waktu itu, saya sudah sadar, sih kalo kolamnya kelihatan panjang banget. Tapi, namanya pertama kali, saya engga tau sepanjang apa. Jadi saya mulai berenang. Kecipak.. kecipuk.. duh, kok engga nyampe-nyampe, yah. Lebih parah lagi, saya engga bisa ngeliat ujung kolam renangnya sama sekali, soalnya kacamata renang saya kurang minusnya. Jadi, berenang kali itu kayak engga ada akhirnya, dan engga tau kapan berakhirnya. Ditambah lagi, saya juga engga bisa ngelihat teman-teman saya yang lain, yang mulainya beda sama saya. Alhasil, saya selalu menyerah di tengah jalan. Engga kuat. Capek banget. Tapi, di round saya yang terakhir saya sengaja mulai berenang dari satu ujung bareng-bareng teman-teman. Waktu berenang, saya bisa ngelihat mereka ada di depan saya. Sekalipun saya engga bisa ngelihat ujung kolam renang, tapi saya bisa ngelihat mereka sama-sama berjuang sama saya. Jadi, untuk pertama kalinya di hari itu, saya bisa berenang dari ujung ke ujung non-stop waktu saya berenang bareng yang lain.

Terus, kali kedua saya berenang di sana lagi. Sebelum mulai berenang, saya memang sudah menyiapkan mental, this is going to be very long. Dan saya mulai berenang. Kecipak.. kecipuk.. eh, engga disangka-sangka, beberapa waktu kemudian, saya sudah lihat ujung kolam renang. Wah, saya seneng banget! Kok, kali ini kayaknya engga sesulit waktu pertama kali. Waktu saya enjoy aja sekalipun engga tau kapan sampai di ujung, kok tanpa terasa saya malah bisa sampai di ujung. Ternyata, kayaknya kolam renang yang panjang banget ini, engga panjang-panjang amat.

Nah, apa yang saya alami di kolam renang ini kalau direnungkan, sama banget kayak yang terjadi di kehidupan kita. Banyak tantangan, banyak masalah, yang kelihatannya bakal panjang banget berakhirnya. Kita engga bisa liat ujungnya. Kita engga bisa ngelihat titik terangnya di ujung sana. Kecapekan. Kehabisan napas. Dan kita ngerasa sendirian. Akhirnya, yang kita lakuin: ah, nyerah aja, deh. I give up! I quit!

Tapi, pengalaman berenang ini mengajarkan saya dua hal yang bisa membuat kita bertahan di tantangan hidup yang terlihat panjang itu:
Yaitu waktu kita bisa melihat ujungnya, titik akhirnya; atau kalaupun kita engga bisa melihat titik akhirnya, paling engga kita menghadapinya bersama mereka yang kita sebut sahabat-sahabat kita. Dan sekali kita bisa overcome satu tantangan terbesar dalam hidup kita, selanjutnya hal itu udah engga akan jadi masalah lagi buat kita. Jadi yuk, kita saling nemenin buat overcome bareng-bareng.

No comments:

Post a Comment